Tips Merawat Printer Biar Awet dan Tahan Lama

Tips Merawat Printer Biar Awet Dan Tahan Lama – Printer sekarang ini adalah salah satu sisi penting untuk beberapa orang. Tiada printer kalian tentu kesusahan untuk cetak data atau gambar. Bahkan juga sekarang ini printer bisa juga dipakai untuk cetak photo seperti keinginan pemakai. Makin hari perubahan printer benar-benar makin bagus, ditambah dengan jumlahnya merk dan tipe printer.

Banyak vendor yang membuat inovasi baru dengan membuat printer bermutu serta lebih hebat. Dibanding printer mode dahulu, printer saat ini benar-benar hebat, sayang banyak pemakai yang malas menjaganya.

Beberapa orang yang kerap meremehkan perawatan printer, walau sebenarnya penting untuk menjaganya supaya printer bertahan lama. Nah bagaimana panduan menjaga printer supaya awet dan tidak cepat rusak? Berikut kami suguhkan 8 point pentingnya.

1. Perhatikan Kebersihan Printer

Menjaga kebersihan printer ialah hal pertama yang perlu kalian kerjakan supaya printer dapat bertahan lama. Saat usai memakai printer dan tidak ada gagasan menggunakannya dalam kurun waktu dekat, tutuplah dengan kain halus atau penutup spesial printer. Khususnya dibagian menempatkan kertas yang rawan dimasuki debu dan kotoran.

Kotoran yang masuk ke dalam sisi ini dan telah menimbun, dapat menjejal kertas. Sekurang-kurangnya, kotoran itu terikut masuk dan melekat pada printer head. Keadaan ini terang akan mengusik kualitas cetakan dan membuat printer head cepat hancur. Karenanya, yakinkan kalian bersihkan printer secara periodik, minimal sekali dalam seminggu.

2. Gunakan Printer Secara Rutin Supaya Mesinnya Lebih Optimal

Memang betul bila printer yang dipakai secara teratur malah semakin lebih tahan lama dibandingkan printer yang jarang-jarang dipakai. Ini sebab printer yang kerap dipakai secara teratur akan memiliki keadaan mesin yang lebih maksimal. Sudah pasti sepanjang penggunaan printer tidak terlalu berlebih ya.

Sesaat printer yang jarang-jarang dipakai condong bisa lebih cepat hancur. Waktu printer jarang-jarang dipakai, tinta dapat kering. Disamping itu, satu printer yang lama tidak dipakai dapat berpengaruh fatal untuk keadaan printer head. Karat dan tinta yang jadi kering akan susah dibikin bersih bila telah melekat pada printer head dalam waktu yang lama.

3. Matikan Printer dengan Benar Jika Tidak Difungsikan

Seperti satu mesin, printer juga perlu waktu untuk istirahat. Karenanya, waktu kalian tidak ada gagasan untuk memakainya seharusnya dimatikan saja. Dengan begitu, printer dapat sedikit istirahat dari pekerjaannya cetak dokumen yang kalian perlukan. Adanya periode recovery malah sanggup membuat printer bertambah lebih tahan lama.

Baca Juga : Rekomendasi Printer Terbaik untuk Hasil yang Berkualitas

Lihat langkah mematikan printer. Matikan printer dengan memencet tombol power, ini mengakibatkan status cartridge kembali lagi ketempat aslinya. Jauhi mematikan printer langsung pada setop contact, kecuali beresiko, ini dapat mengakibatkan printer cepat hancur. Walau hal itu jarang ada, tetapi tidak ada kelirunya kalian bertindak penjagaan dan mengantisipasi.

4. Perawatan Clean Head

Cara merawat printer selanjutnya ialah teratur lakukan “clean head”. Proses ini ialah langkah yang terbanyak dikerjakan dalam menjaga printer. Maksudnya supaya printer head tidak mampet dan sanggup meresap tinta secara baik. Untuk selanjutnya salurkannya ke atas kertas dengan optimal.

Mekanisme perawatan ini biasanya dipunyai oleh tiap printer. Kalian tinggal membaca ulangi buku panduan yang diikutkan waktu beli printer sebab beda merk printer umumnya beda juga langkah lakukan clean head. Akan tetapi, jangan sering lakukan clean head. Cukup seputar 1-2 minggu sekali saja ya.

5. Gunakan Tinta Print yang Sesuai dengan Printer

Ini umumnya terus diremehkan tetapi berpengaruh banyak pada keawetan printer. Terus pakai tinta printer seperti yang direkomendasikan produsen. Pemakaian tinta original akan memberikan hasil yang optimal ke tiap halaman yang diciptakan.

Pakai tinta dari satu merek saja. Penggunaan tinta dari bermacam merk cuman akan membuat hasil cetakan jadi tidak optimal. Ini sebab umumnya tingkat kepekatan warna dari tiap merk berbeda. Ini harus kalian lihat bila memakai printer dengan mekanisme infus.

6. Jangan Sampai Printer Kehabisan Tinta

Cepatlah isi ulangi tinta cartridge printer bila tinta itu akan habis, jangan menanti cartridge kosong. Tinta yang kosong dapat memunculkan head cartridge jadi mampet. Janganlah sampai kalian tidak mengetahui jika tinta telah habis saat memakai printer.

Bila kalian memakai printer pada keadaan tinta telah habis, tentu printer akan alami error. Ketertinggalan kalian dalam isi tinta akan membuat keadaan catridge jadi tidak normal. Saat hal ini kerap berlangsung, lama-lama cartridge tidak bisa berperan kembali.

7. Hindari Mencetak dengan Jumlah Banyak

Sekalinya kalian mempunyai pekerjaan yang perlu diciptakan yang lumayan banyak, jauhi printing kebanyakan dalam kurun waktu yang serupa. Kalian dapat mematikan printer untuk mengistirahatkannya sesaat sesudah cetak dokumen. Sesudah sesaat, kalian dapat memakai printer untuk cetak kembali lagi.

Ini sebab printer head sebenarnya punyai batasan waktu bekerja. Saat kalian memaksakan cetak dengan jumlah banyak dengan cepat, karena itu keadaan printer head pasti kecapekan. Berikut yang selanjutnya akan membuat performa printer jadi menurun. Step pertama cetak 25 helai lalu istirahatkan printer sepanjang beberapa waktu.

8. Hindari Menyentuh Cartridge dengan Tangan

Menyentuh chip cartridge langsung memakai tangan kalian bisa membuat berlangsungnya kerusakan pada alat itu. Ini sebab bisa memengaruhi saluran listrik statis dan mengusik elemen itu. Disamping itu, menjaga performa cartridge supaya optimal. Triknya bikinlah empat lingkaran dengan warna kuning, hijau, hitam, dan merah.

Kalian dapat membuat empat lingkaran ini dengan gampang lewat insert shapes pada Ms Word. Lanjut dengan cetak gambar itu dengan resolusi paling tinggi. Kerjakan langkah ini di antara satu atau dua bulan sekali hingga performa kartrid dapat terbangun pada keadaan maksimal.

Itulah tadi beberapa tips merawat printer biar awet dan tahan lama yang bisa kami sajikan dalam merawat mesin printer agar tetap awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply